Sabtu, 09 April 2011

Slow down, I'm getting there, eventually

Picture taken from here
Pagi ini saya berkaca, dan menyadari terlihatnya sedikit lekukan di pinggang saya. Rasanya ingin menjerit dalam hati 'Waaahh, saya kurusan loh'. Rasanya satu hari ini menjadi lebih spesial dari hari biasanya.

Saya memang cuma seorang SAHM (Stay at home mom) yang sehari-hari disibukkan oleh kerepotan mengurus anak, dan memiliki sedikit waktu untuk merapikan diri. Berkaca sekarang, lebih menjadi kegiatan bermain dengan anak, daripada mematut diri, memandangi diri sendiri di depan cermin. Apalagi keseharian saya yang selalu dirumah membuat kegiatan berkaca menjadi jarang saya lakukan.

Memang berat badan dan bentuk tubuh adalah dua masalah utama di dunia perempuan. Semua perempuan ingin memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Semua cara dan upaya berani dilakukan oleh perempuan untuk mendapatkan kedua hal tersebut. Masa kehamilan dan persalinan yang indah pun, nantinya akan dihadapkah oleh dua masalah utama ini. Tak sedikit perempuan yang tidak dapat menerima perubahan bentuk badannya setelah melahirkan, dan akhirnya menjadi depresi. Baby blues pun sering terjadi, menyalahkan bayi yang dilahirkan karena depresi akan perubahan yang dialami perempuan setelah kehamilan dan melahirkan.

Saya beruntung memiliki suami yang pengertian, yang paham betul bahwa menyusui dan berdiet bukanlah pasangan yang match. Bahwa mengembalikan bentuk tubuh bukan semudah membalikkan telapak tangan, terutama bagi jenis perempuan yang susah menguruskan badan seperti saya. Memang rasa iri itu pasti ada setiap melihat perempuan lain yang dengan sangat mudah tanpa melakukan apapun, kembali ke bentuk badan sebelum hamil, setelah melahirkan. Sedikit mengutuk namun mengagumi dalam hati, sambil berdoa supaya bentuk badan saya bisa tiba-tiba berubah seperti dia. Tapi kalau dipikir, mungkin tanpa saya tahu, dia berusaha lebih dari saya. Berolahraga, menjaga asupan makannya, berdiet dengan benar, dan merawat badannya. Mungkin memang saya saja yang kurang usaha, hanya berniat olahraga tapi untuk menjalankan niat itu sulit sekali. Mungkin kalau saya berusaha lebih keras, kalau saya meluangkan waktu saya untuk berolahraga dan menjaga pola makan, saya bisa dengan cepat menurunkan berat badan saya. Sambil melamun saya terus berpikir, mendesah, dan berpikir lagi.

Pada akhirnya saya memilih untuk mensyukuri bentuk tubuh dan berat badan saya. Hari ini saya merasa lebih kurus. Slow down, I'm getting there, eventually.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar